Selasa, 05 Januari 2016

Pengaruh Bahan Pakan Berserat terhadap Volume Usus

Pengaruh Bahan Pakan  Berserat terhadap Volume Usus

Peberian jenis bahan pakan pada ternak unggas akan sangat berpengaruh terhadap volume usus. Jenis bahan pakan yang berpengaruh terhadap volume usus yaitu bahan pakan yang mengandung serat tinggi khususnya pakan yang mengandung serat Non-starch polysaccharide (NSP) adalah karbohidrat komplek yang terlihat di endosperm dinding sel dari biji cereal. Karbohidrat ini sukar dicerna sehingga lolos dari saluran pencernaan dan mengikat air sehingga viscositas cairan di saluran pencernaan tinggi. Viscositas di saluran pencernaan meningkat dapat meningkatkan viskositas digesta dalam saluran pencernaan yang berdampak padapeningkatan volume dan berat usus. Contoh bahan pakan yang engandung NSP yaitu kedelai, ruput laut. Rakhmawati dan Sulistyoningsih (2004) menyapaikan bahwa unggas yang diberi ransum dengan serat kasar tinggi cenderung memiliki saluran pencernaan yang lebih besar dan panjang hal ini berdapak pada perubahan ukuran saluran pencernaan sehingga menjadi lebih berat, lebih panjang dan lebih tebal sehingga akan mepengaruhi volume usus. Pemberian bahan pakan penyususn ransum yang mengandung fraksi NSP dilaporkan mempengaruhi fisiologi saluran pencernaan. Pemberian ransum mengandung NSP dapat meningkatkan viskositas digesta dalam saluran pencernaan yang berdampak pada peningkatan volume dan berat usus (Yang et al., 2003).
Bahan pakan yang mengandung fraksi serat, selulosa dapat meningkatkan rentension time sehingga digesta akan lebih lama dalam saluran pencernaan yang akan berdampak pada membesarnya organ atau saluran pencernaan. Hasil penelitian Iji et al. (2001) bahwa pemberian fraksi NSP galaktomannan, glukomannan dan galaktoaraban dapat meningkatkan viskositas digesta sampai 21 cP (centi poise) serta berdampak pada meningkatnya volume usus halus 40%-90%.

Sumber :

Iji, P.A., A.A. Saki and D.R. Tivey. 2001. Intestinal development and body growth of broiler chicks on diets supplemented with non-starch polysaccharides. Anim. Feed Sci. Technol. 89:175-188.

Rakhmawati, R dan M. Sulistyoningsih. 2014. Rekayasa pakan melalui biofermentasi limbah ikan terhadap presentase karkas dan panjang usus pada ayam broiler. Bioma. 3(2):27-37.


Yang, C.J., I.Y. Yang, D.H. Oh, I.H. Bae, S.G. Cho, I.G. Kong, D. Uuganbayar, I.S. Nou and K.S. Choi. 2003. Effects of green tea by-product on performace and body composition in broiler chickens. J. Anim. Sci. 16:867-872.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar